GOD IS GOOD

GOD IS GOOD
KASIH YESUS MENAUNGI BUMI

Rabu, 15 Desember 2010

Pemuridan

MATHETEUSATE=MENJADIKAN MURID


“Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28 : 18-20

Jadi Yesus tidak berada jauh namun dikatakan bahwa Yesus mendekati mereka , hal ini berarti ada satu hal yang Yesus inginkan, kenapa Yesus mendekati mereka ? karena maksudnya adalah perintah agung ini diberikan kepada murid-muridnya saat ini bukan secara umum namun secara perorangan. Satu persatu murid-mirid dia datangi dan mulai memberikan perintah agung ini sambil berkata : "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." Matius 28 : 18-20

- KepadaKu telah diberikan kuasa di sorga dan di bumi, hal ini menunjukan bahwa Yesus Kristus memliki hak untuk memberikan Pengampunan dan pengharapan untuk keselamatan bagi kita semua sesuai dengan Yoh 14 : 6,7 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.. Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."
Dengan kata lain Yesus Kristus mendapatkan Mandat dari Bapa dan mandat tersebut sudah Yesus selesaikan selama kurang lebih 3 setengah tahun berada di dunia, namun mandat tersebut diteruskan kepada kita untuk memperkanalkan Yesus Kristus sebagai jalan Kebenaran dan hidup Kepada mereka yang belum mengenal akan kebenaran Yesus.

- Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Jika kita perhatikan baik-baik perintah agung ini memiliki 3 kata kerja bantu

Kata kerja Bantu disini adalah : Pergi – Baptis dan Ajar
Namun kalimat perintah (Imperative) disini adalah : Jadikanlah semua bangsa muridKu bagaimana kita tahu ini adalah kalimat perintah? Di dalam bahasa Yunani, kata-kata yang mengandung akhiran sate adalah kalimat imperative.
Mari kita ambil kata Murid, kata murid dalam bahasa Yunani adalah : Mathetes.
Pada perintah agung ini kalau kita baca dalam bahasa aslinya tertulis kata Matheteusate yang berarti pemuridan. Dengan demikian kata Matheteusate ini merupakan kata imperative atau perintah.

Jadi jelaslah bahwa yang merupakan perintah dalam ayat ini adalah Menjadikan semua bangsa murid. Caranya lewat pergi – baptis dan ajarlah mereka supaya bisa menjadikan orang lain murid. Jadi perintah agung ini tidak akan pernah putus.


Kenapa banyak orang Krisrten lebih khusus lagi ( GMAHK) Dewasa ini kelihatan Slow down (tidak bersemangat)dalam hal mengabarkan injil?

Ada 3 hal yang ingin saya kemukakan yang menyebabkan umat-umat Allah akhir zaman ini slow down.

1. BANYAK ORANG UMAT-UMAT ALLAH DEWASA INI YANG MERAGUKAN KEBERADAAN YESUS SEBAGAI JURUSELAMAT PRIBADIMU

Masih banyak umat-umat Tuhan yang hidup di akhir zaman ini, yang meragukan Yesus, kenapa hal ini terjadi, karena kehidupan orang-orang Kristen saat ini sangat-sangat jauh dari Tuhan. Keaadaan yang seperti inilah yang memungkinkan umat-umat Tuhan kelihatannya Slow down, kurang bergairah atau hilang semangat. Mari kita melihat pengalaman murid-murid Yesus di dalam Matius 28 : 17 “Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
Saudaraku, kita dapat melihat, orang selalu bersama dengan Yesus, jalan bersama Yesus, mengabarkan injil bersama Yesus, membuat mujizat bersama Yesus bahkan mereka telah menikmati hasil-hasil mujizat yang dibuat oleh Yesus, mereka menyaksikan sendiri segala sesuatu yang dibuat olehYesus, akan tetapi masih ada beberapa orang yang ragu-ragu. Bagaimana dengan kehidupan orang yang jauh dari Yesus.

Ny White menuliskan dari buku Christian Service(Penuntun Pelayanan Kristen) halaman 10 “ Menyelamatkan jiwa-jiwa haruslah menjadi pekerjaan seumur hidup dari setiap orang yang mengakui Kristus”.
Sudah menjadi kewajiban orang Kristen yang menyandang predikat sebagai pengikut Kristus untuk memenangkan jiwa-jiwa datang kepada Kristus.

Suatu kehidupan berjemaat atau dapat saudara katakan jemaat itu ada kemajuan sebenarnya tergantung pada kesetiaan dari masing-masing anggota jemaat untuk melaksanakan perintah Agung Tuhan Yesus, melalaikan perkerjaan ini secara pasti mengundang kelemahan dan kemerosotan rohani. Jemaat yang tidak menjalankan Upaya perorangan untauk menjangkau jiwa-jiwa dikatakan kasih merosot dan iman menjadi sirna. Desire Of Ages hal.825.(Kereinduan Segala Zaman)

2. MASIH BANYAK UMAT-UMAT ALLAH YANG BERSIKAP MASA BODOH.

Masih banyaknya anggota-anggota jemaat yang memiliki pemikiran seperti Jawaban Kain “ Akukah penunggu adikku?” Jawaban-jawaban seperti ini masih banyak diantara kita, “Toch ada pendeta, ada diakon dan lain sebagainnya..

Christ Object Lesson hal 354” Ketika kita berusaha memenangkan orang lain kepada Kristus, menanggung beban akan jiwa-jiwa di dalam doa-doa kita , hati kita sendiri akan bergetar dengan pengaruh kuat rahmat Allah, kasih kita sendiri akan menyala-nyala dengan semangat Ilahi, kehidupan Kristiani kita akan lebih nyata, lebih sungguh-sungguh dan lebih penuh doa.

Dengan kata lain jika kita ada keinginan untuk melaksanakan misi Kristus itu juga akan sangat membantu dalam pertumbuhan iman dan kerohanian kita yang juga dapat mengembangkan tabiat Kristiani kita lebih hari lebih dekat dengan Kristus. Setiap orang harus menyadari bahwa dia berada pada suatu kewajiban kepada Allah untuk memenangkan jiwa kepada Kristus.


Matius : 4 : 9 Yesus berkata kepada mereka : “ Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan aku jadikan penjala manusia” setiap orang harus menyadari bahwa ia berada di bawah suatu kewajiban kepada Allah untuk memenagkan jiwa-jiwa kepada Kristus.

Testimonis jilid 9 hal.103 mengatakan Allah menuntut setiap jiwa yang tahu kebenaran harus berusaha memenangkan orang-orang lain untuk mengasihi akan kebenaran . kalau kita tidak rela membuat pengorbanan-pengorbanan khusus untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang sedang binasa, bagaimana mungkin kita dianggap layak mesuk kota Allah.?

Selanjutnya dalam RH 21 July 1896 dikatakan setiap jiwa yang sungguh-sungguh bertobat akan sangat berkemauan keras untuk membawa orang-orang lain dari kegelapan kesalahan kepada terang ajaib kebenaran Kristus. Kecurahan besar Roh Allah …. Tidak akan dating sampai kita memiliki umat yang mengetahui melalui pengalaman apa artinya menjadi pekerja bersama Allah. Apabila kita memiliki penyerahan penuh dan sungguh-sungguh untuk pelayanan Kristus, maka Allah akan menghargai fakta itu dengan kecurahan rohNya tanpa batas. Tapi hal ini tidak akan terjadi sementara bagioan terbesar jemaat bukanlah perkeja bersama Allah. Allah tidak akan mencurahkan rohNya… apabila ada perasaan yang kalau diungkapkan dengan kata-kata kan menperlihatkan jawaban Kain “Akukah Penunggu Adikku?”

Jadi tidak ada lagi alasan bagi kita untuk mengatakan “Akukah Penunggu adikku?” karena masing-masing kita diberikan tanggungjawab untuk dapat menyiapkan waktu khusus untuk rela membuat pengorbanan-pengorbanan khusus dalam upaya memenangkan jiwa –jiwa kepada Kristus. Bahkan kuasa Roh kudus akan dicurahkan bagi jemaat Allah yang mau bekerja bagiNya.

Saudaraku, bukanlah kehendak Allah orang Israel harus mengembara 40 tahun di padang gurun…. Demikian pula bukanlah kehendak Allah kedatangan Kristus ditunda begitu lama dan umatNya harus tinggal lagi bertahun-tahun di dunia yang fana dan berdosa ini.
Oleh sebab itu kita bukan hanya menunggu sambil berpangku tangan karena sesuai Matius 24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."
Hal ini diperkuat oleh E G White dalam RH 16 May 1893 dikatakan bahwa kita sudah lama mengharapkan dan menunggu kedatangan Tuhan tapi apakah kita sedang berusaha mempercepat kedatanganNya?

3. TERLALU BANYAK ALASAN

Ditegaskan kembali oleh Ny White dalam RH 21 January 1873 “ Ada yang mengaku telah mengenal Kristus seumur hidup namun tidak pernah membuat usaha perorangan untuk mendorong satu jiwapun kepada Juruselamat ….. sangat banyak yang mencari maaf untuk tidak tertarik kepada keselamatan mereka yang di luar Kristus dan merasa puas dengan menikmati sendiri keuntungan keuntungan rahmat Allah sementara mereka tidak membuat usaha perorangan untuk membawa orang lain kepada Kristus.

Mengapa Allah mau menggunakan kita sebagai alatNya untuk UPMJK? Apakah Allah tidak sanggup melalakukannya sendiri.

Allah dapat menggunakan berbagai cara supaya pekabaran imjil cepat diselesaikan namun Ia menginginkan Kita karena ketika kita memiliki kemauan untuk menjalankan UPMJK maka tabiat kita akan semankin bertumbuh menjadi seperti Yesus sehingga kuasa Roh Hujan Akhir dicurahkan dan menyanggupkan kita menyelesaikan missi Kristus









BAHAYANYA MENGEMBANGKAN SIKAP SLOW DOWN

Apakah ada bahaya dengan sikap tidak bersemangat untuk menjalankan UPMJK(Upaya Perorangangan memenangkan Jiwa kepada Kristus )

1.Ia tidak ada hubungan dengan Yesus.
“Apabila anda tidak merasa beban memenangkan jiwa-jiwa, anda tidak bekerja sama dengan Dia dalam melakukan pekerjaan yang dutuntutNya dari padamu, anda tidak ada hubungannya dengan Yesus (Review And Herald 11 Agustus 1891)

2. Ia gagal mamastikan keselamatanNya sendiri.

“Mereka yang mengusahakan semata-mata keselamatan jiwa mereka sendiri yang mengusahakan kesenangan sendiri dan acuh tak acuh terhadap kondisi dan nasib sesama mereka – akan gagal mengusahakan upaya yang cukup untuk menjamin keselamatan mereka sendiri Review and Heralg 7 Mei 1901.

3. Ia tidak akan didaftarkan di dalam buku Sorga.
“Setiap jiwa yang sungguh-sungguh bertobat di lahirkan dalam kerajaan Allah (pada saat baptisan) sebagai missionary, tertanam pada orang yang seperti ini suatu kerinduan dan semangat untuk mengembalikan banyak jiwa kepada kebenaran. Mereka tidak akan menuggu jiwa-jiwa ini untuk datang kepada mereka tetapi mereka akan pergi mencari dan meyelamatkan yang hilang. Review And Herald 30 November 1891.
Review and Herald 23 Agustus 1892 “Tidak ada yang akan didaftarkan dalam buku-buku sorga sebagai orang Kristen kalau tidak memiliki semangat Missionary.


Kesimpulan :
Apabila saudara mengasihi Kristus dan menghargai pengorbanan Yesus, marilah kita mewujudkan tugas mulia ini sambil menumbuhkan iman kepercayaan kita kepada Yesus, sambil mengembangkan Talenta yang sudah Yesus berikan pada kita,sambil meningkatkan kerohanian kita, mari kita menjangkau orang-orang yang ada disekitar kita dengan semangat UPMJK(Upaya Perorangan Memenangkan Jiwa kepada Kristus).Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar